Tulisan Softskill

TULISAN SOFTSKILL

Kepakaran dari Teknik Industri, Karakter Tidak Beretika, Aktifitas Tidak Beretika
Kepakaran teknik industri adalah keadaan dimana setiap pengetahuan dan keterampilan teknisi industri yang mampu menguasai bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi. Pengetahuan dan keterampilan yang spesifik pada matematika, fisika, dan ilmu-ilmu sosial bersama dengan prinsip dan metode dari analisis keteknikan dan desain untuk mengkhususkan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan dicapai dari suatu sistem.
Karakter Tidak Beretika terdapat beberapa gambaran mengenai karakter-karakter yang tidak memiliki etika dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Berkata kotor ditempat umum
Perbuatan tersebut tidak beretika dikarenakan secara tidak langsung memberikan pandangan rendah seseorang kepada orang yang mengatakan kata-kata kasar dan kotor, selain itu, anak-anak dan orang tua pun bisa mendengarnya.
contoh:
Seorang dewasa ngatain teman disampingnya dengan kata yang tidak baik ditempat umum, hal ini merupakan sebuah karakter tidak beretika
2.      Tidak salim pada orang tua ketika mau berangkat kuliah atau sekolah
Perbuatan tersebut tentunya perbuatan yang tidak beretika dikarenakan Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi harkat dan martabat serta tradisi salim yang menandakan rasa hormat serta permintaan doa dari orang tua agar selamat sampai pulang kembali kerumah.
Contoh:
Seseroang anak tidak memiliki rasa hormat kepada orang tua dengan tidak salim ke orang tua ketika ingin pergi sekolah.



3.      Pipis Sembarangan
Pipis adalah sifat manusiawi yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Namun akan sangat tidak beretika jika kita sebagai manusia yang memiliki akal dan rasa malu pipis sembarangan sampai dilihat orang disekitarnya. Walaupun rasa sudah diujung tanduk, kita harus tetap temukan tempat yang tepat untuk mengeluarkan zat beracun tersebut agar harkat dan martabat kita pun tetap terjaga.
Contoh:
Seseorang pengendara yang sudah kebelet tidak kunjung menemukan pom bensin di jalanan, karena rasa ini sudah diujungnya, dia terpaksa mengeluarkan di pinggir jalan, sontak orang disekitarnya pasti melihat dan mengatakan hal yang merendahkan orang tersebut.
Aktifitas Tidak Beretika. Aktifitas dari setiap manusia dalam keseharian sangat beragam, namun hanya terbatas pada dua jenis saja yaitu akifitas kebaikan dan buruk. Berikut ini akan saya ganbarkan mengenai beberapa aktifitas tidak beretka dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Mencuri stiker motor
Hal tersebut merupakan tindakan tidak beretika karena dapat merugikan orang yang punya motor tersebut, walaupun harganya yang tidak seberapa, tetapi sulit dicari.
Contoh:
Seorang pencuri mencuri stiker FI yang ada pada motor beat, harganya yang murah hanya 15ribu namun sulit dicari adalah alasan yang melatar belakangi pencurian tersebut
2.      Tidak memberikan makanan pada binatang ternaknya
Hal tersebut merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab dikarenakan binatang juga memiliki hak atas makanannya ditambah binatang tersebut memberikan benefit untuk si peternak.
Contoh:
Seorang peternak hamster tidak memberikan makanan kepada hamster ternakannya dikarenakn lelah setelah pulang dari kuliah, hal ini menyebabkan hamster berguguran dan si peternak pun merasa terugikan.
3.      Membuat Surat Keterangan Palsu
Hal tersebut merupakan tindakan yang menyebalkan dikarenkan dengan membuat surat keterangan palsu merupakan sebuah manipulasi kebohongan yang dapat menghancurkan nama baik instansi dan menghancurkan tatanan kehidupan bangsa dan negara.
Contoh:
Setya Novanto ketika dipanggil oleh KPK untuk kasus korupsi E KTP mengatakan tidak dapat hadir, lalu manusia tersebut memotret dirinya dirumah sakit dengan infus alakadarnya dan mengirim foto tersebut sebagai alasan bahwa manusia tersebut tidak dapat hadir dipengadilan dikarenakan sakit. Pada akhirnya diketahui manusia tersebut berbohong dan mulai memutar balikan fakta dan menyerang KPK. Lucunya negeriku, Presidennya mana sih

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_industri

http://stiawan89.blogspot.co.id/2015/03/etika-profesi-lulusan-teknik-industri.html
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar