Senjata Favorit tentara dan favorit saya pribadi pada masa perang dunia ke 2


Sebelum membahas senapan, saya akan menjelaskan beberapa tipe senjata yang penting untuk kalian ketahui. Pada masa perang dunia kesatu dan kedua, ada beberapa tipe atau jenis senjata yang digunakan. Seperti pada masa perang dunia kesatu saat Kerajaan Jerman berupaya menyatukan daratan Eropah, yang paling terlihat atau yang paling berperan dalam pertempuran adalah galian parit, senapan tempur atau (rifle gun), kawat berduri dan senapan mesin. Hingga akhirnya semuanya kalah dengan kehadiran tank pertama milik Inggris bernama tank Mark (I-VII). Sama seperti perang dunia kesatu, perang dunia kedua juga memiliki beberapa tipe senapan yang digunakan oleh tentara darat, seperti senapan tempur, karabin, pistol mitraliur, senapan mesin, senapan serbu dan senjata anti tank. Dan saya akan membahasnya agar artikel saya dibawah dapat lebih mudah dipahami.
-        1.   Senapan Tempur = atau dalam bahasa inggris, Riffle gun, adalah senapan yang memiliki laras yang lebih panjang dan lebih berat di bandingkan jenis lainnya. Keutamannya adalah agar dapat menjangkau target yang lebih jauh dan lebih efektif untuk pertempuran diatas 500 meter. Dan peluru yang digunakan biasanya berukuran 57 mm.
-          2. Karabin = atau dalam bahasa inggris Carabine, adalah senapan yang lebih pendek larasnya dan lebih ringan dibandingkan senapan tempur. Senapan ini efektif pada jarak yang tidak sejauh senapan tempur. Pertempuran jarak dekat membutuhkan senjata yang lebih ringan dan lebih akurat dibandingkan pistol mitraliur. Pelurunya pun berukuran lebih kecil dari senapan tempur sehingga bisa memuat banyak dalam satu kotak.
-       3.    Pistol Mitraliur = dalam bahasa inggris SubMachine gun, adalah senjata yang digunakan untuk pertempuran jarak dekat saja, dan tidak berguna untuk pertempuran yang melebihi jarak 300 meter. Ukuran pelurunya pun berukuran peluru pistol namun yang membedakan dari pistol adalah otomatis penuh dan dapat memuat peluru hingga 100 peluru per magazin nya. Saat ini pistol mitraliur hanya digunakan oleh pasukan khusus saja karena perannya suda tergantikan oleh senapan serbu.
-        4.   Senapan Mesin = dalam bahasa inggris Machine gun, adalah senjata api yang dapat di tanam atau dibawa kemana-mana, namun beratnya bisa sampai 15 kg dan membutuhkan dua orang untuk pengoperasian senapan mesin berat. Senapan ini bekerja secara otomatis penuh dan dapat memuat hingga ratusan peluru berukuran peluru senapan tempur yang jelas senapan ini sangat menyakitkan.
-       5.    Senapan Serbu = dalam bahasa inggris adalah Assault Rifle, adalah gabungan antara senapan karbin, dan pistol mitraliur. Senapan serbu dapat memiliki laras yang panjang dan dapat bekerja secara full otomatis, brush fire dan single shot. Senapan ini digunakan sebagai senapan standar menggantikan senapan tempur laras panjang, karbin dan pistol mitraliur.

BAR M1918

Singkatan dari (Browning Automatic Riffle) bertipe Senapan Mesin Ringan atau Light Machine Gun). Adalah senjata mesin otomatis buatan John Browning pada tahun 1917, senjata ini sebelumnya menggantikan senapan Chauchat yang dipakai Prancis pada masa perang parit. kefektifannya dalam pertempuran membuatnya menjadi senjata paling nyaman digunakan tentara yang memakainya, cara pemakaian senjata ini adalah dengan menembak sambil berjalan, atau dengan penopang. Senjata ini paling berperan pada masa perang dunia 2 dan perang Korea, dan pada masa perang vietnam, namun di perang Vietnam senjata ini jarang terlihat karena perannya sudah mulai tergantikan oleh M60 Machine Gun pada 1957.
Spesifikasi
-          Asal                 = Amerika
-          Jarak efektif    = 200 meter
-          Berat               = 7.5 kg
-          Jumlah peluru  = 20 per kotak
-          Kecepatan       = 550 per menit
-          Power              = 30

M1 Garand



M1 Garand adalah senjata Semi Otomatis buatan John Garand yang beroperasi dari tahun 1936-1957. Senjata ini menjadi senjata standar untuk militer Amerika pada tahun 1936 atas perintah dari Jendral Mac Arthur dan pernah beroperasi pada perang dunia kedua, perang Korea dan perang Vietnam, namun pada perang Vietnam penggunaannya sangat sedikit dan lambat laun tergantikan oleh M14. M1 Garrand menjadi senjata favorit tentara yang menggunakannya karena cara penggunaannya yang semi otomatis mengungguli senjata rifle milik blok axis yang masih menggunakan senapan rifle kokang atau bolt action, walaupun senjata ini sedikit berat.
Spesifikasi
-          Asal                 = Amerika
-          Jarak efektif    = 550 meter
-          Berat               = 4.5 kg
-          Jumlah peluru  = 6 per kotak
-          Kecepatan       = 50 per menit
-          Power              = 60


THOMPSON


Thompson atau biasa disebut tommy gun ini adalah senjata submachine gun. Senjata ini didisain oleh Jendral John T Thompson pada tahun 1918, namun mulai beroperasi secara efektif pada tahun 1938-1971. Senjata ini terkenal dikalangan penjahat, tentara, ataupun polisi. Bahkan penjahat paling terkenal dan sadis asal Amerika (Bonnie dan Clyde) sering beraksi merampok bank dan lainnya menggunakan senjata ini, namun dengan peluru tipe drum bukan bertipe tongkat. Senjata ini pernah digunakan pada masa perang dunia kedua, perang korea dan perang vietnam. Pada masa perang, senjata ini banyak menggunakan tipe standar M1 dengan peluru tongkat dan tanpa pegangan depan.

Spesifikasi
-          Asal                 = Amerika
-          Jarak efektif    = 45 meter
-          Berat               = 5 kg
-          Jumlah peluru  = 20 per kotak atau 50 per drum
-          Kecepatan       = 500 per menit
-          Power              = 20

BREN


Bren adalah senjata yang di desain oleh Vaclav Holek pada tahun 1935, senjata ini beroperasi dari tahun 1938-1958 dan sangat di sukai oleh tentara khususnya tentara Inggris pada masa perang dunia kedua. Senjata ini bertipe senapan mesin ringan yang membuat tentara yang mengoperasikannya menjadi lebih ringan dan nyaman di gunakan. Pernah berperan penting pada masa perang dunia kedua dan perang korea. Sayangnya, dirasa masih kurang untuk menyaingi senjata lain yang lebih modern, akhirnya senjata ini digantikan dengan senapan mesin FN MAG.

Spesifikasi
-          Asal                 = Inggris
-          Jarak efektif    = 550 meter
-          Berat               = 10.5 kg
-          Jumlah peluru  = 30 per kotak
-          Kecepatan       = 510 per menit
-          Power              = 50

MG 34


MG 34 di disain oleh Heinrich Vollmer pada tahun 1934, dan mulai diproduksi secara masal semenjak Adolf Hitler memerintah Nazi dan Jerman. Senjata ini mulai digunakan semenjak perang dunia kedua dimulai dan sampai perang dunia kedua berakhir. Senjata ini pertama digunakan pada saat membantu kaum nasionalis Franco dalam perang sipil Spanyol. Kemampuannya yang serba bisa membuatnya menjadi senjata General Purpose machine gun pertama yang pernah dibuat. Senjata ini dapat di pasangi bipod atau tripod yang dapat mendukung tentara di darat, dapat dipasang di pintu helikopter untuk pengoperasiannya, dan dapat juga di pasang di mobil tank ringan atau Half Track. Bisa juga dipasang untuk penembak pada pesawat dan penembak pada tank infantri.

Spesifikasi
-          Asal                 = Nazi Jerman
-          Jarak efektif    = 1200 meter
-          Berat               = 12 kg
-          Jumlah peluru  = 50 per kotak
-          Kecepatan       = 850 per menit
-          Power              = 60


MG 42




MG 42 di desain oleh Werner Gruner, pada tahun 1942 dan digunakan selama perang dunia kedua berlangsung. Senjata penyempurnaan dari MG 34. Senapan mesin ini memiliki fungsi dan sifat yang sama namun lebih ringan, lebih simpel penggunaanya dan lebih besar dampaknya dibanding MG 34.

Spesifikasi
-          Asal                 = Nazi Jerman
-          Jarak efektif    = 1600 meter
-          Berat               = 11.5 kg
-          Jumlah peluru  = 60 per kotak
-          Kecepatan       = 1200 per menit
-          Power              = 60

British LEE ENFIELD


British Lee Enfield jelas dari namanya senjata kokang atau Bolt Action ini berasal dari Inggris, pendesainnya adalah James Paris Lee. Ini merupakan desain ulang dari senjata rifle terdahulunya yaitu, Martini-Henry, Martini-Enfield, dan Lee-Metford. Senjata ini digunakan dari tahun 1895 sampai 1957, dan pernah beroperasi dalam perang dunia satu, perang dunia dua, bahkan digunakan oleh tentara Indonesia pada masa memperebutkan kemerdekaan. Senjata ini hampir digantikan oleh M1 Gerand, namun M1 Gerand gagal dalam tahap uji coba, akhirnya Inggris masih menggunakan senjata ini sebagai senjata standar tentara Inggris waktu itu.

Spesifikasi
-          Asal                 = Inggris
-          Jarak efektif    = 500 meter
-          Berat               = 4 kg
-          Jumlah peluru  = 10 per kotak
-          Kecepatan       = 25 per menit
-          Power              = 60

MP 40

MP 40 adalah senjata buatan Heinrich Vollmer yang pernah digunakan kisaran tahun 1938-1945, pada masa perang dunia kedua. MP 40 bersama kakanya MP 38 digunakan secara besar-besaran oleh tentara Nazi sebagai senjata standar submachinegun mereka. Namun, MP 40 lebih diungguli karena keefektifan mereka di medan perang. Pada masa perang di soviet, MP 40 digunakan oleh semua tentaranya karena cara perang tentara soviet yang menggunakan taktik perang jarak dekat. Namun karena harga produksinya yang mahal, akhirnya tentara Nazi hanya di beri senapan rifle Karbiner 98. Dan Jerman, Nazi memprooduksi senapan terbaru untuk menggantikan MP 40 dan Karbiner 98, yaitu MP 43 / MP 44 atau sekarang disebut dengan STG 44.

Spesifikasi
-          Asal                 = Nazi Jerman
-          Jarak efektif    = 150 meter
-          Berat               = 4 kg
-          Jumlah peluru  = 32 per kotak
-          Kecepatan       = 500 per menit
-          Power              = 20

STG 44


STG 44 didisain oleh Hugo Schmeisser, beroperasi dari tahun 1942-1945. Senapan ini diyakini sebagai senapan serbu pertama didunia atau assault riffle. Senapan serupa sebelumnya adalah MP 38 dan MP 40. Senapan serbu sekarang yang sering kita lihat saat ini (AK 47) adalah senapan serbu gabungan dari STG 44 dan M1 Gerand, desain kayunya berasal dari M1 Gerand dan desain penampilannya dari STG 44. STG 44 adalah senapan handal yang kuat di segala medan. Melalui kombinasi dengan kemampuan selective-fire, senjata ini menghasilkan semburan setingkatsubmachine gun, dengan akurasi dan daya setingkat senapan Karabiner 98k pada jarak dekat. Walau begitu, StG 44 memiliki jangkauan dan daya yang lebih rendah daripada senapan-senapan pada era itu. Tentara Nazi pertama yang memakai senapan serbu ini sebagain senapan utama mereka adalah pasukan SS.

Spesifikasi
-          Asal                 = Nazi Jerman
-          Jarak efektif    =  700 meter
-          Berat               =  5.2 kg
-          Jumlah peluru  =  30 per kotak
-          Kecepatan       =  550 per menit
-          Power              = 60

PPSH 41


PPSH 41 didisain oleh Georgi Shpagin pada tahun 1941, sebagai senapan yang murah dan simpel digunakan. Pada masanya, senapan ini di produksi sebanyak 6 juta pucuk dan beroperasi dari tahun 1941-1960 semasa perang dunia dua, dan perang dingin korea. Bisa digunakan dengan amunisi kotak atau drum. PPSH dapat memilih cara tipe menembak atau (selektif fire),

Spesifikasi
-          Asal                 = Uni Soviet
-          Jarak efektif    = 140 meter
-          Berat               = 3.6 kg
-          Jumlah peluru  = 35 per kotak
-          Kecepatan       = 950 per menit
-          Power              = 20

M1 CARBINE


M1 Carbine adalah senapan yang didisain oleh Frederick L. Humeston dan beroperasi dari tahun 1942-1973. Senjata ini digunakan pada masa perang dunia kedua, perang korea dan perang vietnam. Secara besar-besaran senapan ini digunakan oleh tentara, polisi dan sipil di Amerika. Senapan ini dapat digunakan sama seperti pistol mitraliur secara otomatis penuh. walaupun penampilannya seperti senapan tempur (riffle). Pada masa perang dunia kedua, dimana sebagian besar tentara Amerika memakai senapan tempur M1 Gerand mengeluh bahwa senapan tempur yang mereka bawa terlalu berat, dan untuk mempertinggi mobilitas tentara darat, diciptakanlah senapan yang lebih ringan dan lebih efektif dalam medan perang yaitu M1 Carbine, sebagai pengganti M1 Gerand.

Spesifikasi
-          Asal                 =  Amerika
-          Jarak efektif    =  500 meter
-          Berat               =  2.6 kg
-          Jumlah peluru  =  15 per kotak
-          Kecepatan       =  850 per menit
-          Power              = 30

KARABINER 98K


Karabiner 98K adalah senapan tempur yang didisain berdasarkan pendahulunya yaitu Mauser Model Standar and the Karabiner 98b. dan beroperasi selama perang dunia kedua (1935-1945). Senapan tempur ini menjadi senapan tempur utama untuk tentara Jerman hingga perang berakhir. Walaupun banyak senapan tempur ini tertangkap oleh Uni Soviet selama perang dunia berlangsung, senjata ini tetap muncul dalam beberapa pertempuran di seluruh dunia. Maka dari itu senapan ini menjadi ikon untuk tentara Nazi Jerman pada masa itu.

Spesifikasi
-          Asal                 = Nazi Jerman
-          Jarak efektif    = 500 meter
-          Berat               = 4.1 kg
-          Jumlah peluru  = 5 per kotak
-          Kecepatan       = 20 per menit
-          Power              = 60



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Agen Poker Online Terbesar SeAsia JuraganQQ
    Berkesempatan Menjadi Seorang Jutawan
    href="http://juraganqq.com/app/Default0.aspx?
    Keuntungan Bermain Bersama JuraganQQ
    - Proses Depo/WD Super Cepat
    - Minimal Depo/WD Rp.20.000
    - Csnya Ramah",Baik,dan Sopan
    - Berkesempatan Menjadi Seorang Jutawan
    - Bonus Rolingan & Bonus Referall
    - 7 Game Dalam 1 ID

    Mengenal Permainan AduQ
    http://tipsjituonline99.blogspot.com/2017/05/mengenal-permainan-aduq-dan-tipsnya.html

    BalasHapus
  2. PARTNER PERMAINAN POKER ONLINE TERBESAR SEASIA ZoyaQQ
    Rasakan Sensasinya Bermain Bersama ZoyaQQ Dan Raih Jutaan Rupiah Hanya Di Sini

    Keuntungan Bermain Di ZoyaQQ
    - Proses Depo/Wd Super Cepat
    - Minimal Depo/Wd Rp.20.000
    - 7 Game Dalam 1 ID
    - Bonus Rolingan Terbesar
    - Bonus Referall Seumur Hidup
    - CS Yang Baik",Sopan,Dan Pastinya Cantik

    INFO BANK
    BCA - BNI - BRI - DANAMON - MANDIRI

    BBM: 2BE5BC31
    LINE: zoyaqq
    Mendikbud Ubah Waktu Belajar Di Sekolah Menjadi 8 Jam Sehari
    http://jitupoker99.blogspot.com/2017/06/mendikbud-ubah-waktu-belajar-di-sekolah.html

    BalasHapus