Perkembangan Teknologi Industri POLITEKNIK STMI JAKARTA KEMENTRIAN PERINDUSTRIAN RI



Image result for lambang TEKNOLOGI INDUSTRI POLITEKNIK STMI JAKARTA


1.      Latar Belakang

Politeknik STMI adalah salah satu lembaga perguruan tinggi dibawah binaan Kementerian Perindustrian RI, yang pendiriannya ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor : 239/M/SK/1975 Tahun 1975. Pada mulanya sekolah ini menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Strata Sarjana dengan Gelar M.Sc (Master Of Science) Untuk lulusannya. Adapun mahasiswanya berasal dari lulusan sarjana muda dari latar belakang pendidikan teknik dan manajemen.

Sejak tahun 1981 progam pendidikan di Politeknik STMI diubah menjadi progam diploma yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perindustrian Nomor : 237/M/SK/VI/1981 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0184/O/1981, Tertanggal 6 Juni 1981. Sejak saat Itu Politeknik STMI menyelenggarakan pendidikan Progam Studi Diploma IV memiliki tiga jurusan, yaitu:

1.     Teknik dan Manajemen Industri

2.     Teknik dan Manajemen Informatika

3.     Teknik Kimia Industri

Kemudian pada tahun 2007 jurusan di Politeknik STMI berubah dan bertambah menjadi:

1.      Teknik dan Manajemen Industri

2.      Sistem Informasi Industri

3.      Teknik Kimia Industri

4.      Manajemen Bisnis Industri

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 01/M-IND/PER/1/2015, nama Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) berubah menjadi Politeknik STMI Jakarta, Nama jurusan pun ikut berubah sesuai dengan nama Politeknik  STMI, yaitu menjadi:

1.      Teknik Industri Otomotif (TIO)

2.      Sistem Informasi Industri Otomotif (SIIO)

3.      Administrasi Bisnis Otomotif (ABO)

4.      Teknik Kimia Polimer (TKP)

 

2.      Profil Program Studi Teknik Industri Otomotif d.h Teknik Manajemen Industri

Program studi Teknik dan Manajemen Industri merupakan program studi yang diselenggarakan sejak perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 22 September 1968 berdasarkan SK Menteri Perindustrian Dasar, Ringan dan Tenaga Nomor 305/M/IV/1968 tanggal 11 April 1968 tentang Pembentukan Tim Persiapan untuk Pendirian Perguruan Tinggi Manajemen Industri dan ditindaklanjuti dengan SK Kepala Lembaga Penelitian dan Pendidikan Industri Departemen Perindustrian Nomor 446/SK/LEMB/12/1968 tanggal 31 Desember 1968 dengan program studi sarjana lengkap manajemen industri (Master of Science in Industrial Management) dan berfungsi sebagai pendidikan lanjutan untuk lulusan akademi setingkat Bachelor di lingkungan Departemen Perindustrian.
Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 273/M/SK/VI/1981 yang bertanggal 6 Juni  1981, perguruan tinggi manajemen industri diubah menjadi Politeknik STMI dengan program studi Diploma IV di bidang Teknik dan Manajemen Industri yang dalam penyelenggaraannya ditetapkan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai perguruan tinggi pembina. Kurikulum program studi Teknik dan Manajemen Industri disusun oleh konsorsium teknologi berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 147/D2/1982 tanggal 18 Maret 1982.

Dalam perkembangan selanjutnya tepatnya tahun akademik 1994/1995 sampai dengan 1998/1999 dilakukan pengembangan dan penyesuaian kurikulum menjadi kurikulum untuk studi setingkat sarjana dengan nama program studi Teknik Industri berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Mulai tahun 1999 program studi ini disesuaikan kembali menjadi program profesi dengan jenjang Diploma IV sebagaimana surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 886/D/T/2000 tanggal 17 April 2000.

3.      Profil Program Studi Sistem Informasi Industri Otomotif d.h Sistem Informasi
Sasaran  program studi adalah menghasilkan lulusan yang bisa rancang bangun sistem informasi industri manufaktur dan telematika serta menerapkannya pada dunia industri dan semua sivitas akademika program studi Sistem Informasi Industri Otomotif mampu melaksanakan pencapaian target pengembangan sumber daya bidang sistem informasi industri manufaktur dan telematika berkualitas tinggi yang berlandaskan pada suatu rencana strategis (renstra) yang sudah diprogramkan oleh Politeknik STMI Jakarta untuk menghasilkan penyelenggaraan pendidikan diploma empat (DIV) yang unggul dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di sektor industri pada tahun 2025.

 

4.      Profil Visi Misi Administrasi Bisnis Otomotif d.h Manajemen Bisnis Industri

Menjadi unit pelopor dan unggul setiap saat dalam penyelengaraan Pendidikan Tinggi untuk menghasilkan pelaku bisnis (wirausahawan) yang profesional di bidang industri pada tahun 2025.

Sasaran  program studi adalah semua civitas akademika program studi manajemen bisnis industri  mampu melaksanakan pencapaian target pengembangan sumber daya nasional dan regional dalam bidang manajemen bisnis industri  yang berlandaskan pada suatu rencana strategis (renstra) yang sudah diprogramkan oleh STMI Jakarta untuk menghasilkan penyelenggaraan pendidikan diploma empat (DIV) yang unggul dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di sektor industri pada tahun 2025.

 

5.      Profil Program Studi Teknik Kimia Polimer d.h Teknologi Kimia Industri

Program Studi Teknik Kimia Polimer merupakan program studi yang pada awal pendiriannya bernama Program Studi Teknologi Kimia Industri berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 273/M/SK/VI/1981 tanggal 6 Juni 1981 tentang Sekolah Tinggi Manajemen Industri.

Pada tahun 2015, terjadi perubahan nama Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) menjadi Politeknik STMI Jakarta berdasarkan persetujuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Keputusan Nomor 499/E/0/2014, persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Surat kepada Menteri Perindustrian Nomor B/5782/M.PAN-RB/12/2014 perihal Penataan Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Tinggi Vokasi di Lingkungan Kementerian Perindustrian, tanggal 30 Desember 2014, dan Peraturan Menteri Perindustrian RI No: 01/M-IND/PER/1/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik STMI Jakarta, tanggal 5 Januari 2015.

Program studi yang ada di bawah Sekolah Tinggi Manajemen Industri mengalami perubahan salah satunya yaitu Program Studi Teknologi Kimia Industri berubah menjadi Program Studi Teknik Kimia Polimer. Program Studi Teknik Kimia Polimer merupakan program studi yang signifikan untuk mendukung pengembangan industri otomotif khususnya bidang polimer, sehingga pada tahun 2015/2016 dilakukan pengembangan kurikulum untuk Program Studi Teknik Kimia Polimer. Kurikulum Program Studi Teknik Kimia Polimer dikembangkan berdasarkan kebutuhan industri sehingga diharapkan lulusan Program Studi Teknik Kimia Polimer mempunyai kompetensi di bidang polimer. Profil lulusan Program Studi Teknik Kimia Polimer yaitu mampu berkontribusi di industri produk polimer sehingga diharapkan menjadi Process EngineerProduct DeveloperQuality EngineerSuperintendent, dan Technical Support yang kompeten.

 

6.      Program Studi Tenaga Penyuluh Lapangan

Pada tahun 2007, melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 19/M-IND/PER/2/2007 tentang Penyelenggaraan Program Beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian menyelenggarakan program beasiswa bagi lulusan Sekolah Menengah Atas yang berprestasi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dalam rangka memperkuat dan melakukan regenerasi TPL IKM Kementerian Perindustrian. Tenaga muda lulusan Sekolah Menengah Atas tersebut direkrut untuk mengikuti program pendidikan setingkat Diploma III (D-III) pada unit-unit pendidikan di Lingkungan Kementerian Perindustrian.

Sekolah Tinggi Manajemen Industri di Jakarta sebagai salah satu unit pendidikan yang ditunjuk sebagai penyelenggara program beasiswa TPL, sampai dengan saat ini sedang menjalankan program pendidikan bagi calon-calon Tenaga Penyuluh Lapangan IKM sebanyak 4 (empat) angkatan, yaitu Angkatan 2007, 2008, 2009 dan 2010 dengan jumlah untuk angkatan 2007 sebanyak 61 mahasiswa, angkatan 2008 sebanyak 30 mahasiswa, angkatan 2009 sebanyak 30 mahasiswa dan nagkatan 2010 sebanyak 30 orang.

Adapun program pendidikan yang diikuti oleh calon-calon Tenaga Penyuluh Lapangan IKM tersebut dilaksanakan untuk setiap semester (6 bulan) selama 3 (tahun) dengan kurikulum yang berbasis pada kurikulum teknik dan manajemen industri yang memiliki konsentrasi kepada teknologi pengendalian mutu industri, yaitu pada pengendalian mutu material, mutu proses, dan mutu produk. Dalam penjabaran kurikulum TPL-IKM menjadi silabus-silabus mata kuliah yang akan dijadikan pedoman bagi tenaga pengajar di program pendidikan TPL IKM di Sekolah Tinggi Manajemen Industri dalam mengembangkan bahan ajar untuk perkuliahan mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Perindustrian sub sektor Industri Kecil dan Menengah yang berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP. 117/MEN/III/2007. Hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa setelah menyelesaikan program D-III di Politeknik STMI, tenaga-tenaga penyuluh IKM akan ditempatkan sebagai tenaga penyuluh lapangan di Unit Pendampingan Lapangan dinas masing-masing daerah selama 2 tahun yang fungsinya adalah memberikan pembinaan, bimbingan, dan penyuluhan serta jasa konsultasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi IKM dalam upaya pengembangan usahanya.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar