1ID13-4-Ilmu Budaya Dasar


Jawab

1.  Yang akan saya lakukan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia adalah

  • Memperkenalkan dan menyadarkan terlebih dahulu kepada generasi muda Indonesia yang saat ini lebih menyukai budaya asing ketimbang budaya sendiri, agar lebih mencintai budaya sendiri disbanding budaya luar. Oleh karena itu dibutuhkan dari segala pihak masyarakat agar mentaati dan mempelajari budaya luhur terlebih dahulu.
  • Memperbanyak kegiatan kegiatan di sekolah atau tempat tertentu yang bertujuan memperkenalkan dan mendalami budaya budaya Indonesia kepada masyarakat luas.
  •  Jika target dalam negeri sudah tercapai, mulai lah untuk memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat banyak dan luas sehingga mereka enggan dan menghargai Negara ini. Bayangkan saja Indonesia yang memiliki 17.504 buah pulau, puluhan ribu kebudayaan dan masing masing bahasa, dapat bersatu dengan satu bahasa satu jiwa raga dalam Indonesia.
  • Memperkanalkan pada dunia melalui berbagai cara seperti jalur diplomatic, perdagangan ekonomi, dan social-budaya.
  •  Membawa tenaga kerja professional pada bidang kebudayaan tertentu untuk dipamerkan diluar negeri pada event-event tertentu dan berikan yang terbaik.
2.  Yang akan saya berikan sebagai menteri kebudayaan adalah
  • Memberi medali atau tanda penghargaan ataupun penghormatan lainnya kepada yang bersangkutan karena telah melestarikan dan menjaga  kebudaya Indonesia.
  • Memberi modal berupa uang, benda atau tenaga kerja baru kepada yang bersangkutan dengan bertujuan pemberian modal adalah untuk tetap semangat dan bertahan terus dalam melestarikan budaya warisan nenek moyang kita.
  • Memperkenalkan yang bersangkutan kepada masyarakat luas dengan cara memasukan berita pemberian medali atau modal dalam media elektronik ataupun media cetak agar pembaca dapat terpacu dan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama demi melestarikan dan menjaga kebudayaan Indonesia.
3.  Dalam hal ini, agar masyarakat sadar akan berbudaya adalah dari segi pendidikan, agar dari kecil anak-anak sudah bisa dan sudah tahu cara membedakan budaya barat yang negative dan yang positif, sehingga anak anak dapat berperilaku sesuai dengan akhlak manusia Indonesia, yaitu sopan dan santun. Lalu, terus mensosialisasikan pada masyarakat luas tentang pentingnya hidup dengan berbudaya agar hidup bisa damai dan tentram. Dan jelas, sebagai seorang menteri pendidikan dan kebudayaan saya harus member contoh yang baik dan dapat ditiru oleh masyarakat dengan tujuan yang baik pula.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar