HALAL

Asalamu’alaikum wr. Wb.



            Dalam kesempatan hari ini saya akan membagikan sedikit Ilmu saya yang berkaitan dengan halal. Halal adalah sesuatu hal yang diperbolehkan oleh agama Islam untuk dilihat, dirasakan, dan dikonsumsi. Syarat-syarat untuk memenuhi sertifikasi halal itu sendiri berbeda-beda tergantung dengan apa yang dibicarakan tentang kehalalannya. Contohnya saja makanan atau minuman, jika dibuat dengan ketentuan-ketentuan syarat kehalalan, maka halal untuk dikonsumsi. Syarat halalnya suatu makanan atau minuman adalah tidak mengandung khamar, bukan bangkai, tidak mengandung daging yang diharamkan, disembelih atas nama Allah, bukan untuk sesajian tau untuk dewa dll.

Contoh lain selain sesuatu yang dikonsumsi adalah pasangan kekasih. Dalam agama Islam tidak ada yang disebut dengan pacar, dalam agama islam belum halal suatu pasangan jika belum mengadakan akad nikah, maka jika mereka tetap melakukan hal hal kecil bersama seperti berpegangan tangan, jalan berduaan, saling memandang atau hal-hal seperti itu maka jatuhnya adalah zina, dan dalam agama Islam Zina itu tergolong dosa besar dan hukumnya adalah haram.

Memang di era globalisasi sekarang ini sangat sulit untuk menolak godaan godaan yang ada, di zaman serba modern ini banyak sekali hiburan-hiburan duniawi yang menjamur dimana-mana. Dan kebudayaan kita pun sedikit demi sedikit bergeser dan mulai mengenal serta menjalani kebudayaan barat yang kebih banyak sisi negatifnya ketimbang positifnya. Namun kita sebagai umat muslim harus taat dan patuh terhadap aturan-aturan Allah.

Faktanya di Indonesia sekarang ini adalah banyak budaya-budaya luar yang lolos dari penyaringan Indonesia, dan hukum Indonesia yang menggabungkan beberapa paham yang diantaranya adalah kebebasan, seperti kebebasan untuk meminum minuman keras, minum bir, anggur, tempat pelacuran seperti gang Dolly, dan semacamnya. Namun masih mengharamkan dan menghukum para pengedar narkotika. Alhamdulillah ada sisi baiknya juga..

Saya sendiri sebenarnya sedih jika orang tua menyuruh saya untuk cari cewek, disuruh pacaran. Mereka biasanya mengatakan ini jika saya ada dirumah pada malam minggu, “Pergi sana sama pacarnya, malam minggu anak muda masa sama homoannya mulu”. Sungguh ajakan untuk nyebur ke api neraka bersama-sama. Namun saya ambil sisi positifnya saja, mungkin mereka ingin saya melakukan sesuatu yang baru dalam hidup saya, sesuatu yang dapat menambah pengalaman saya walaupun memang berat untuk memenuhi keinginan itu. Namun saya juga terkadang mengelak dengan alas an mau ngerjain pr atau semacamnya.

           Karena saya juga tau dan sadar diri bahwa saya sebagai seorang anak pria menjadi tanggung jawab seorang Ibu, kalu anak perempuan menjadi tanggung jawab seorang Bapak. Maka saya akan takut juga akan dosa dari Allah dan kasihan Ibu saya yang harus menanggung dosa saya, akhirnya saya juga menjaga jarak dengan pasangan saya, walaupun saya ga pernah bilang langsung ke dia, tapi saya tetap berharap dia mengerti… nah kalo udah saya halal kan mungkin saya ga akan segan-segan dang a takut dosa lagi karena sudah halal hehehe…

            Demikian sedikit pendapat saya tentang halal, banyak yang seharusnya dibahas tentang halal namun keterbatasan Ilmu saya menjadi penghalang untuk meneruskan artikel ini. Kurang lebih nya dari kata-kata ini mohon maaf.
Wasalamu’alaikum wr. Wb.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar