Lingsir Wengi

Asal Usul Lagu Lingsir Wengi


Di indonesia siapa yang tidak kenal dengan lagu ini, lagu ini langsung terkenal dikarenakan mitos yang dikaitkan dengan lagu tersebut. dahulu, bagi mereka yang mendengarkan dan menyanyikan lagu ini, dari bait pertama hingga bait terakhir dan ditambah pada malam hari, maka dapat dengan sadar melihat sosok gaib kuntilanak. Dari wacana tersebutlah yang membuat lagu ini menjadi populer hingga sekarang, cek aja yuk lirik dan arti dari lagunya tersebut:

Lagu dalam bahasa asli (Jawa) :
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno…
Ojo tangi nggonmu guling…
Awas jo ngetoro…
Aku lagi bang wingo wingo…
Jin setan kang tak utusi…
Dadyo sebarang…
Wojo lelayu sebet…

Arti Lagu:
Menjelang malam, dirimu akan lenyap…
Jangan bangun dari tempat tidurmu…
Awas jangan menampakkan diri…
Aku sedang dalam kemarahan besar…
Jin dan setan yang kuperintah…
Menjadi perantara…
Untuk mencabut nyawamu…

Lagu Lingsir wengi asti beberapa dari reader tau tentang lagu ini, entah tau pas lagi dikerjain temen, pas buka lagu keren malah lagu begituan, atau pas lagi dikerjain temen pas lu lagi ngerjain temen ?? okee btw disini gue akan mengutarakan pemikiran orang-orang masa kini yang beranggapan bahwa lagu lingsir wengi adalah lagu yang dibuat untuk mendatangkan atau memanggil kuntilanak, sebenernya salah, lagu itu bakal mendatangkan dosa bagi orang yang mendengarnya dengan cara di mute, lalu cari hp lain buat buka bokep. Too far, oke sebenernya lagu ini adalah doa dari si Sunan Kalijaga setiap selesai solat malam, biar lebih acuynya kita cekidot aja yuk

1. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga mempunyai nama kecil Raden Said, ia memiliki nama-nama lain seperti Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman. Beliau merupakan salah satu dari walisongo atau sembil wali yang terkenal di Jawa yang bertugas menyebarkan agama Islam. Beliau juga lah yang menciptakan lagu atau kidung Lingsir Wengi tersebut. Nama Kalijaga diperoleh karena beliau menyukai berendam di sungai pada saat beliau berada di Cirebon. Namun menurut pengamat lainnya, menyatakan bahwa kata Kalijaga berasal dari bahasa arab yaitu “Qadli Dzaqa” yang berarti penghulu suci kesultanan. 

2. Sarana Dakwah

Sunan Kalijaga sangat menyukai kesenian, sehingga beliau memakai kesenian sebagai alat untuk menyebarkan agama Islam pada masa itu. Karena banyak masyarakat Jawa pada saat itu menyukai kesenian-kesenian seperti wayang dll. Akhirnya Sunan Kalijaga pun menggunakan seni ukiran, wayang, gamelan, serta nyanyian dalam dakwahnya. Salah satunya yang beliau gunakan adalah kidung Lingsir Wengi tersebut yang berisi doa kepada Tuhan. Selain itu, ia juga menciptakan baju takwa, perayaan sekatenan di Yogyakarta, dan lain-lain.

3. Lagu Gending Jawa

Sunan Kalijaga menciptakan kidung Lingsir Wengi dengan memakai pakem gending Jawa yaitu Macapat. Pakem Macapat ini terdiri dari 11 macam pakem yang salah satunya yaitu pakem Durma yang dipakai dalam Lingsir Wengi. Lagu-lagu yang memakai Pakem Durma harus mencerminkan suasana yang keras, sangar, suram, kesedihan, bahkan bisa mengungkapkan sesuatu yang mengerikan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, lagu Lingsir Wengi dilantunkan dengan perasaan yang lembut, tempo pelan, dan sangat menyayat hati.

4. Lagu Tolak Bala

Lagu Lingsir Wengi dipakai oleh sunan Kalijaga setelah melakukan solat malam yang berfungsi untuk menolak bala atau mencegah perbuatan makhluk gaib yang ingin mengganggu. Selain itu makna lagu tersebut tersirat menyatakan sebuah doa kepada Tuhan.

5. Salah arti

Penggunaan lagu Lingsir Wengi ini sebagai lagu latar dari film hantu Indonesia membuat makna lagu ini menjadi salah arti. Sehingga membuat para pendengar lagu tersebut menjadi ketakutan karena akan kedatangan makhluk gaib ketika mendengar Lingsir Wengi. Lagu Lingsir Wengi juga biasa dinyanyikan oleh ibu-ibu untuk menidurkan anaknya di kala malam yang sunyi, yang berfungsi agar si anak diberikan perlindungan oleh Tuhan. Nama lain dari Lingsir Wengi yaitu kidung Rumekso Ing Wengi.

yang mau uji nyali silahkan di tonjok linknya disini
https://www.youtube.com/watch?v=mp6MOZludCs
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar