Ilmu Pengetahuan dan kemiskinan


Kevin Satria Saksena


2ID11

NPM 35414835

TEKNOLOGI INDUSTRI / TEKNIK INDUSTRI

ILMU PENGETAHUAN TENTANG TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN


BATAS KAJIAN ILMU ADALAH FAKTA SEDANGKAN BATAS KAJIAN FILSAFAT ADALAH LOGIKA ATAU DAYA PIKIR MANUSIA. ILMU MENJAWAB PERTANYAAN “WHY” DAN “HOW” SEDANGKAN FILSAFAT MENJAWAB PERTANYAAN “WHY, WHY, DAN WHY” DAN SETERUSNYA SAMPAI JAWABAN PALING AKHIR YANG DAPAT DIBERIKAN OLEH PIKIRAN ATAU BUDI MANUSIA (MUNKIN JUGA PERTANYAAN-PERTANYAANNYA TERUS DILAKUKAN SAMPAI NEVER ENDING)..N OLEH HEIDEGGER, SETIAP TELAAHAN FILOSOFIS TERDAPAT UNSUR METAFISIK.

1. ILMU ADALAH PENGETAHUAN YANG BERSIFAT UMUM DAN SISTEMATIS, PENGETAHUAN DARI MANA DAPAT DISIMPULKAN DALIL-DALIL TERTENTU MENURUT KAIDAH-KAIDAH UMUM. (NAZIR, 1988) 2. KONSEPSI ILMU PADA DASARNYA MENCAKUP TIGA HAL, YAITU ADANYA RASIONALITAS, DAPAT DIGENERALISASI DAN DAPAT DISISTEMATISASI (SHAPERE, 1974) 3. PENGERTIAN ILMU MENCAKUP LOGIKA, ADANYA INTERPRETASI SUBJEKTIF DAN KONSISTENSI DENGAN REALITAS SOSIAL (SCHULZ, 1962) 4. ILMU TIDAK HANYA MERUPAKAN SATU PENGETAHUAN YANG TERHIMPUN SECARA SISTEMATIS, TETAPI JUGA MERUPAKAN SUATU METODOLOGI EMPAT PENGERTIAN DI ATAS DAPATLAH DISIMPULKAN BAHWA ILMU PADA DASARNYA ADALAH PENGETAHUAN TENTANG SESUATU HAL ATAU FENOMENA, BAIK YANG MENYANGKUT ALAM ATAU SOSIAL (KEHIDUPAN MASYARAKAT), YANG DIPEROLEH MANUSIA MELALUI PROSES BERFIKIR. ITU ARTINYA BAHWA SETIAP ILMU MERUPAKAN PENGETAHUN TENTANG SESUATU YANG MENJADI OBJEK KAJIAN DARI ILMU TERKAIT. ALAM PENGERTIAN LAIN, PENGETAHUAN ADALAH BERBAGAI GEJALA YANG DITEMUI DAN DIPEROLEH MANUSIA MELALUI PENGAMATAN INDERAWI. PENGETAHUAN MUNCUL KETIKA SESEORANG MENGGUNAKAN INDERA ATAU AKAL BUDINYA UNTUK MENGENALI BENDA ATAU KEJADIAN TERTENTU YANG BELUM PERNAH DILIHAT ATAU DIRASAKAN SEBELUMNYA. MISALNYA KETIKA SESEORANG MENCICIPI MASAKAN YANG BARU DIKENALNYA, IA AKAN MENDAPATKAN PENGETAHUAN TENTANG BENTUK, RASA, DAN AROMA MASAKAN TERSEBUT. PENGETAHUAN YANG LEBIH MENEKANKAN PENGAMATAN DAN PENGALAMAN INDERAWI DIKENAL SEBAGAI PENGETAHUAN EMPIRIS ATAU PENGETAHUAN APOSTERIORI. PENGETAHUAN INI BISA DIDAPATKAN DENGAN MELAKUKAN PENGAMATAN DAN OBSERVASI YANG DILAKUKAN SECARA EMPIRIS DAN RASIONAL. PENGETAHUAN EMPIRIS TERSEBUT JUGA DAPAT BERKEMBANG MENJADI PENGETAHUAN DESKRIPTIF BILA SESEORANG DAPAT MELUKISKAN DAN MENGGAMBARKAN SEGALA CIRI, SIFAT, DAN GEJALA YANG ADA PADA OBJEK EMPIRIS TERSEBUT. PENGETAHUAN EMPIRIS JUGA BISA DIDAPATKAN MELALUI PENGALAMAN PRIBADI MANUSIA YANG TERJADI BERULANGKALI. MISALNYA, SESEORANG YANG SERING DIPILIH UNTUK MEMIMPIN ORGANISASI DENGAN SENDIRINYA AKAN MENDAPATKAN PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN ORGANISASI. SELAIN PENGETAHUAN EMPIRIS, ADA PULA PENGETAHUAN YANG DIDAPATKAN MELALUI AKAL BUDI YANG KEMUDIAN DIKENAL SEBAGAI RASIONALISME. RASIONALISME LEBIH MENEKANKAN PENGETAHUAN YANG BERSIFAT APRIORI; TIDAK MENEKANKAN PADA PENGALAMAN. MISALNYA PENGETAHUAN TENTANG MATEMATIKA. DALAM MATEMATIKA, HASIL 1 + 1 = 2 BUKAN DIDAPATKAN MELALUI PENGALAMAN ATAU PENGAMATAN EMPIRIS, MELAINKAN MELALUI SEBUAH PEMIKIRAN LOGIS AKAL BUDI. PENGETAHUAN ADALAH INFORMASI ATAU MAKLUMAT YANG DIKETAHUI ATAU DISADARI OLEH SESEORANG. PENGETAHUAN TERMASUK, TETAPI TIDAK DIBATASI PADA DESKRIPSI, HIPOTESIS, KONSEP, TEORI, PRINSIP DAN PROSEDUR YANG SECARA PROBABILITAS BAYESIAN ADALAH BENAR ATAU BERGUNA. ILMU PENGETAHUAN ADALAH SUATU PROSES PEMIKIRAN DAN ANALISIS YANG RASIONAL, SISTIMATIK, LOGIK DAN KONSISTEN. HASILNYA DARI ILMU PENGETAHUAN DAPAT DIBUKTIKAN DENGAN PERCOBAAN YANG TRANSPARAN DAN OBJEKTIF. 

TEKNOLOGI ATAU PERTUKANGAN MEMILIKI LEBIH DARI SATU DEFINISI. SALAH SATUNYA ADALAH PENGEMBANGAN DAN APLIKASI DARI ALAT, MESIN, MATERIAL DAN PROSES YANG MENOLONG MANUSIA MENYELESAIKAN MASALAHNYA. SEBAGAI AKTIVITAS MANUSIA, TEKNOLOGI MULAI DIKENAL SEBELUM SAINS DAN TEKNIK. TEKNOLOGI DIBUAT ATAS DASAR ILMU PENGETAHUAN DENGAN TUJUAN UNTUK MEMPERMUDAH PEKERJAAN MANUSIA, NAMUN JIKA PADA KENYATAANNYA TEKNOLOGI MALAH MEMPERSULIT, LAYAKKAH DISEBUT ILMU PENGETAHUAN? KATA TEKNOLOGI SERING MENGGAMBARKAN PENEMUAN DAN ALAT YANG MENGGUNAKAN PRINSIP DAN PROSES PENEMUAN SAINTIFIK YANG BARU DITEMUKAN. MESKIPUN DEMIKIAN, PENEMUAN YANG SANGAT LAMA SEPERTI RODA JUGA DISEBUT SEBUAH TEKNOLOGI. DEFINISI LAINNYA (DIGUNAKAN DALAM EKONOMI) ADALAH TEKNOLOGI DILIHAT DARI STATUS PENGETAHUAN KITA YANG SEKARANG DALAM BAGAIMANA MENGGABUNGKAN SUMBER DAYA UNTUK MEMPRODUKSI PRODUK YANG DIINGINKAN( DAN PENGETAHUAN KITA TENTANG APA YANG BISA DIPRODUKSI). OLEH KARENA ITU, KITA DAPAT MELIHAT PERUBAHAN TEKNOLOGI PADA SAAT PENGETAHUAN TEKNIK KITA MENINGKAT. TEKNOLOGI ADALAH SATU CIRI YANG MENDEFINISIKAN HAKIKAT MANUSIA YAITU BAGIAN DARI SEJARAHNYA MELIPUTI KESELURUHAN SEJARAH. TEKNOLOGI, MENURUT DJOYOHADIKUSUMO (1994, 222) BERKAITAN ERAT DENGAN SAINS (SCIENCE) DAN PEREKAYASAAN (ENGINEERING). DENGAN KATA LAIN, TEKNOLOGI MENGANDUNG DUA DIMENSI, YAITU SCIENCE DAN ENGINEERING YANG SALING BERKAITAN SATU SAMA LAINNYA. SAINS MENGACU PADA PEMAHAMAN KITA TENTANG DUNIA NYATA SEKITAR KITA, ARTINYA MENGENAI CIRI-CIRI DASAR PADA DIMENSI RUANG, TENTANG MATERI DAN ENERGI DALAM INTERAKSINYA SATU TERHADAP LAINNYA. MAKNA TEKNOLOGI, MENURUT CAPRA (2004, 106) SEPERTI MAKNA ‘SAINS’, TELAH MENGALAMI PERUBAHAN SEPANJANG SEJARAH. TEKNOLOGI, BERASAL DARI LITERATUR YUNANI, YAITU TECHNOLOGIA, YANG DIPEROLEH DARI ASAL KATA TECHNE, BERMAKNA WACANA SENI. KETIKA ISTILAH ITU PERTAMA KALI DIGUNAKAN DALAM BAHASA INGGRIS DI ABAD KETUJUH BELAS, MAKNANYA ADALAH PEMBAHASAN SISTEMATIS ATAS ‘SENI TERAPAN’ ATAU PERTUKANGAN, DAN BERANGSUR-ANGSUR ARTINYA MERUJUK PADA PERTUKANGAN ITU SENDIRI. PADA ABAD KE-20, MAKNANYA DIPERLUAS UNTUK MENCAKUP TIDAK HANYA ALAT-ALAT DAN MESIN-MESIN, TETAPI JUGA METODE DAN TEKNIK NON-MATERIAL. YANG BERARTI SUATU APLIKASI SISTEMATIS PADA TEKNIK MAUPUN METODE. SEKARANG SEBAGIAN BESAR DEFINISI TEKNOLOGI, LANJUT CAPRA (2004, 107) MENEKANKAN HUBUNGANNYA DENGAN SAINS. AHLI SOSIOLOGI MANUEL CASTELLS SEPERTI DIKUTIP CAPRA (2004, 107) MENDEFINISIKAN TEKNOLOGI SEBAGAI ‘KUMPULAN ALAT, ATURAN DAN PROSEDUR YANG MERUPAKAN PENERAPAN PENGETAHUAN ILMIAH TERHADAP SUATU PEKERJAAN TERTENTU DALAM CARA YANG MEMUNGKINKAN PENGULANGAN. FENOMENA TEKNIK PADA MASYARAKAT FENOMENA TEKNIK PADA MASYARAKAT TEKNIK, MENURUT SASTRAPRATEDJA (1980) MEMILIKI CIRI-CIRI SEBAGIA BERIKUT : 1. RASIONALISTAS, ARTINYA TINDAKAN SPONTAN OLEH TEKNIK DIUBAH MENJADI TINDAKAN YANG DIRENCANAKAN DENGAN PERHITUNGAN RASIONAL 2. ARTIFISIALITAS, ARTINYA SELALU MEMBUAT SESUATU YANG BUATAN TIDAK ALAMIAH 3. OTOMATISME, ARTINYA DALAM HAL METODE, ORGANISASI DAN RUMUSAN DILAKSANAKAN SECARA OTOMATIS. DEMIKIAN JUGA DENGAN TEKNIK MAMPU MENGELIMINASIKAN KEGIATAN NON TEKNIS MENJADI KEGIATAN TEKNIS 4. TEKNIK BERKEMBANG PADA SUATU KEBUDAYAAN 5. MONISME, ARTINYA SEMUA TEKNIK BERSATU, SALING BERINTERAKSI DAN SALING BERGANTUNG 6. UNIVERSALISME, ARTINYA TEKNIK MELAMPAUI BATAS-BATAS KEBUDAYAAN DAN EDIOLOGI, BAHKAN DAPAT MENGUASAI KEBUDAYAAN 7. OTONOMI ARTINYA TEKNIK BERKEMBANG MENURUT PRINSIP-PRINSIP SENDIRI. TEKNOLOGI YANG BERKEMBANG DENAN PESAT MELIPUTI BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN MANUSIA. LUASNYA BIDANG TEKNIK DIGAMBARKAN SEBAGAIA BERIKUT : 1. TEKNIK MELUPUTI BIDANG EKONOMI, ARTINYA TEKNIK MAMPU MENGHASILKAN BARANG-BARANG INDUSTRI. DENGAN TEKNIK, MAMPU MENGKONSENTRASIKAN CAPITAL SEHINGGA TERJADI SENTRALISASI EKONOMI 2. TEKNIK MELIPUTI BIDANG ORGANISASIONAL SEPERTI ADMINISTRASI, PEMERINTAHAN, MANAJEMEN, HUKUM DAN MILITER 3. TEKNIK MELIPUTI BIDANG MANUSIAWI. TEKNIK TELAH MENGUASAI SELURUH SECTOR KEHIDUPAN MANUSIA, MANUSIA SEMAKIN HARUS BERADAPTASI DENGAN DUNIA TEKNIK DAN TIDAK ADA LAGI UNSUR PRIBADI MANUSIA YANG BEBAS DARI PENGARUH TEKNIK.

PENGERTIAN KEMISKINAN KEMISKINAN ADALAH KEADAAN DIMANA TERJADI KETIDAKMAMPUAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN DASAR SEPERTI MAKANAN , PAKAIAN , TEMPAT BERLINDUNG, PENDIDIKAN, DAN KESEHATAN. KEMISKINAN DAPAT DISEBABKAN OLEH KELANGKAAN ALAT PEMENUH KEBUTUHAN DASAR, ATAUPUN SULITNYA AKSES TERHADAP PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN. KEMISKINAN MERUPAKAN MASALAH GLOBAL. SEBAGIAN ORANG MEMAHAMI ISTILAH INI SECARA SUBYEKTIF DAN KOMPARATIF, SEMENTARA YANG LAINNYA MELIHATNYA DARI SEGI MORAL DAN EVALUATIF, DAN YANG LAINNYA LAGI MEMAHAMINYA DARI SUDUT ILMIAH YANG TELAH MAPAN. KEMISKINAN DIPAHAMI DALAM BERBAGAI CARA. PEMAHAMAN UTAMANYA MENCAKUP:

  • GAMBARAN KEKURANGAN MATERI, YANG BIASANYA MENCAKUP KEBUTUHAN PANGANSEHARI-HARI, SANDANG, PERUMAHAN, DAN PELAYANAN KESEHATAN. KEMISKINAN DALAM ARTI INI DIPAHAMI SEBAGAI SITUASI KELANGKAAN BARANG-BARANG DAN PELAYANAN DASAR.

  • GAMBARAN TENTANG KEBUTUHAN SOSIAL, TERMASUK KETERKUCILAN SOSIAL, KETERGANTUNGAN, DAN KETIDAKMAMPUAN UNTUK BERPARTISIPASI DALAM MASYARAKAT. HAL INI TERMASUK PENDIDIKANDAN INFORMASI. KETERKUCILAN SOSIAL BIASANYA DIBEDAKAN DARI KEMISKINAN, KARENA HAL INI MENCAKUP MASALAH-MASALAH POLITIK DAN MORAL, DAN TIDAK DIBATASI PADA BIDANG EKONOMI.

  • GAMBARAN TENTANG KURANGNYA PENGHASILAN DAN KEKAYAAN YANG MEMADAI. MAKNA “MEMADAI” DI SINI SANGAT BERBEDA-BEDA MELINTASI BAGIAN-BAGIAN POLITIK DAN EKONOMI DI SELURUH DUNIA.

CIRI-CIRI MANUSIA YG BERADA DI BAWAH KEMISKINAN MEREKA YANG HIDUP DIBAWAH GARIS KEMISKINAN MEMILIKI CIRI-CIRI SEBAGAI BERIKUT :

  1. TIDAK MEMILIKI FACTOR-FAKTOR PRODUKSI SENDIRI SEPERTI TANAH, MODAL, KETRAMPILAN.

  2. DLLTIDAK MEMILIKI KEMUNGKINAN UNTUK MEMPEROLEH ASSET PRODUKSI DENGAN KEKUATAN

  3. SENDIRI, SEPERTI UNTUK MEMPEROLEH TANAH GARAPAN ATAUA MODAL USAHATINGKAT PENDIDIKAN MEREKA RENDAH, TIDAK SAMPAI TAMAN SD.

  4. KEBANYAKAN TINGGAL DI DESA SEBAGAI PEKERJA BEBAS

  5. BANYAK YANG HIDUP DI KOTA BERUSIA MUDA, DAN TIDAK MEMPUNYAI KETRAMPILAN.

    APA ITU MATA KULIAH SOFTSKILL ?

SOFTSKILL (KEMAMPUAN NON-TEKNIS) KEMAMPUAN SESEORANG UNTUK BISA BERSOSIALISASI DAN BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK PADA LINGKUNGAN DIMANA DIA BERADA. SIFATNYA INVISIBLE. ATTRIBUT DARI SOFTSKILL INI SEPERTI, SIKAP BAIK SEPERTI INTEGRITAS, INISIATIF, MOTIVASI, ETIKA, KERJA SAMA DALAM TIM, KEPEMIMPINAN, KEMAUAN BELAJAR, KOMITMEN, MENDENGARKAN, TANGGUH, FLEKSIBEL, KOMUNIKASI LISAN, JUJUR, BERARGUMEN LOGIS, KEMAMPUAN BERADAPTASI, PEMECAHAN MASALAH DAN LAINNYA.

CARA MENGUPLOAD TUGAS DAN TULISAN SERTA SEBAGAI PENGANTAR:
1. MAHASISWA MENCARI BAHAN ATAU MATERI DARI SETIAP TUGAS YANG DIBERIKAN OLEH DOSEN MASING MASING. BAHAN DAPAT DIAMBIL MELALI INTERNET , BUKU ATAU SUMBER LAINNYA YANG DAPAT MENDUKUNG DALAM PENGERJAAN TUGAS SOFTSKILL TERSEBUT.
2. MAHASISWA WAJIB MENULISKAN TUGAS NYA TERSEBUT DI BLOG MASING MASING YANG TELAH TERDAFTAR DI STUDENTSITE.
3. LALU TUGAS YANG TELAH DI POST DI BLOG MASING MASING WAJIB DI UPLOAD KE STUDENTSITE GUNADARMA YAITU DI ALAMAT  (HTTP://STUDENTSITE.GUNADARMA.AC.ID), LOGIN DENGAN USERNAME&PASSWORD MASING MASING, LALU BUKA MENU “TUGAS (UG PORTOFOLIO)” PADA COMBOBOX LALU MASUKKAN TITLE TUGAS, ALAMAT WEB/BLOG TUSGAS TERSEBUT, DAN NAMA MATA KUIAHNYA. LALU KLIK “SUBMIT”, MAKA TUGAS AKAN BISA TERLIHAT&DINILAI OLEH DOSEN MASING MASING.

SUMBER:

-HTML -HTTP://WWW.SCRIBD.COM/DOC/40750397/SIKAP-ILMIAH

-HTTP://SOSBUD.KOMPASIANA.COM/2010/02/17/FUNGSI-FUNGSI-ORANG-MISKIN

-HTTP://DEFINISI-PENGERTIAN.BLOGSPOT.COM/2009/11/PENGERTIAN-ILMU-DAN-ILMU-PENGETAHUAN.HTML

-HTTP://ID.WIKIPEDIA.ORG/WIKI/KEMISKINAN


-HTTP://DEFINISI-PENGERTIAN.BLOGSPOT.COM/2010/01/DEFINISI-TEKNOLOGI.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar